Puasa Sehat Tanpa Obat itu Baru Luar Biasa

0
468
Puasa Sehat Tanpa Obat

Bidhuan.com – Ramadhan adalah bulan yang sangat ditunggu – tunggu kedatangannya oleh setiap kaum muslimin dan muslimah di seluruh dunia. Bagaimana tidak, di bulan itu segalanya yang baik akan mendapat pahala yang begitu berlipat ganda. Bahkan, ketika kita tidur pun itu diniliai sebagai ibadah. Di bulan itu juga setiap umat Islam mempunyai kewajiban agar berpuasa selama satu bulan penuh.

Untuk beberapa orang yang terbiasa dengan makan yang banyak dan teratur apalagi juga punya banyak pekerjaan yang selalu menguras tenaga terkadang menganggap bulan Ramadhan seperti bulan yang berat. Sebab, dengan banyaknya pekerjaan mereka yang begitu menumpuk bahkan tak jarang mendapat pekerjaan tambahan di saat yang sama pula mereka harus menahan lapar dan haus.

Orang-orang seperti itu biasanya akan mudah sekali terbujuk iklan – iklan di berbagai media yang menawarkan “obat” atau “suplemen” agar puasa mereka tetap lancar dan tidak begitu terganggu. Pemikiran itu tidak sepenuhnya salah, hanya saja mengkonsumsi obat-obatan dalam jumlah yang tidak sedikit padahal kondisi tubuh tidak ada yang perlu diobati justru akan berdampak kurang baik bagi tubuh itu sendiri terutama ginjal dan hati.

Padahal sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa perut kita ini juga perlu istirahat. Hasilnya secara perlahan mengganti sel-sel yang jahat dengan yang baik sehingga anti bodi tubuhpun akan meningkat dengan sendirinya. Maka tak heran pula jika dengan berpuasa, beberapa penyakit bisa sembuh dengan baik. Bahkan tak sedikit dokter yang menyarankan orang-orang yang memiliki penyakit tertentu untuk berpuasa supaya bisa mempercepat proses penyembuhan.

Untuk itulah di sini penting bagi kita untuk tahu bagaimana mudah dan sehatnya berpuasa tanpa harus bergantung pada obat ataupun suplemen yang banyak mengandung bahan kimia dan justru bisa mengakibatkan efek yang kurang baik kedepannya.

Sederhananya, berpuasa itu mempunyai dua faktor penting, yaitu keimanan dan pola hidup.

  1. Faktor iman

    • Mindset

      Dalam berpuasa tentu iman adalah kunci kita dan seharusnya bisa benar-benar kita tanamkan dalam “mindset” kita. Apabila pemikiran kita sudah salah sejak awal, dalam perjalanannya pun akan menjadi salah dan terasa berat untuk berpuasa.

    • Pengalih pikiran

      Rasa lapar atau lemas yang sering dirasakan orang-orang berpuasa sebenarnya adalah karena kita hanya berpikir kapan akan segera bisa makan lagi. Cobalah mencari kegiatan atau hal sebagai pengalih perhatian kita dari rasa lapar.

  2. Pola Hidup

    Bukan hanya saat berpuasa, pengaturan pola hidup sehat juga sebaiknya kita tanamkan setiap saat.

    1. Minum air

      Semua orang tahu jika sebagian besat tubuh terdiri dari cairan. Maka usahakan minum air putih yang cukup tapi tidak berlebihan agar cairan tubuh saat berpuasa bisa tetap terjaga.

    2. Buah dan sayur

      Untuk kesegaran tubuh kita perlu juga mengkonsumsi sayur dan buah yang cukup. Usahakan saat sahur dan buka ada buah dan sayur.

    3. Tidur cukup

      Tidur adalah ibadah tapi bukan berarti kita hanya bermalas-malasan dan tidur saja. Porsi tidur yang cukup lebih baik daripada tidur berlebih dan kurang tidur.

    4. Menu sehat

      Buatlah daftar menu yang untuk sahur dan berbuka. Jangan terlalu banyak gorengan atau lauk berminyak.

    5. Olahraga

      Puasa bukan berarti juga malas bergerak. Olahraga lah sedikit-sedikit untuk tetap menjaga kebugaran badan.

Setelah membaca artikel diatas, bagaimana pendapatmu, apa kamu sudah siap untuk berpuasa tanpa obat dan segala macam suplemen jika memang dalam kondisi yang sehat ?