Kabar Baik, Selama Lebaran Kartu BPJS Berlaku Se-Indonesia

0
434
Kartu BPJS Berlaku Se-Indonesia

Bidhuan.com – Kabar baik datang dari Badan Penyelenggara jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Karena BPJS akan mempermudah masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah. Caranya yaitu dengan memangkas mekanisme pelayanan kesehatan bagi mereka yang hendak berobat saat di kampung halamannya.

Maya Amiarny Rusady selaku Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan, mengimbau kepada para peserta jaminan Kesehatan Nasional untuk membawa kartu pesertanya. Seperti Kartu BPJS Kesehatan, Kartu Indonesia Sehat (KIS),Kartu Jakarta Sehat (KJS), Kartu Askes hingga Kartu Jamkesmas) selama melakukan mudik lebaran. Tujuan dari membawa kartu tersebut tentu saja untuk mempermudah masyarakat yang sedang mudik di Kampung halaman dalam memperoleh layanan kesehatan saat dibutuhkan.

Sebagaimana dilansir dari Situs BPJS Kesehatan, Maya mengatakan bahwa “Para Peserta JKN-KIS yang sedang melakukan mudik lebaran bisa tetap berobat di luar daerah nya tanpa perlu terlebih dahulu melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan”.

Untuk caranya sendiri, para peserta dapat langsung mengunjungi Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang ada di rumah sakit terdekat. Perlu diperhatikan bahwa Rumah sakit tersebut harus lah merupakan rumah sakit yang telah ditunjuk Kantor Cabang.

Kebijakan ini sendiri hanya berlaku sejak H-7 sampai dengan H+7 Lebaran. Dan hanya berlaku bagi para peserta yang status nya masih aktif. Agar status kartu tetap dalam status aktif, masyarakat dihimbau untuk disiplin dan rutin dalam membayar iuran.

Untuk melakukan pengecekan iuran dapat langsung mengecek nya di situs bpjs-kesehatan.go.id . Pilih Menu Cek Iuran. Tak hanya untuk mengecek iuran BPJS, disitus tersebut masyarakat juga dapat melihat daftar kasilitas kesehatan yang disediakan. Selain itu juga terdapat nomor Hotline Service kantor cabang di seluruh Indonesia.

Selain dengan mengunjungi situs BPJS, pengecekan juga dapat dilakukan dari APLIKASI BPJS Kesehatan yang dapat di download dari Playstore.

Tak hanya itu, BPJS Kesehatan saat ini juga telah membuka Posko Mudik lebaran di 5 titik padat pemudik. Kelima titik tersebut ialah:

  • Terminal Kampung Rambutan Jakarta
  • Pelabuhan Merak Banten
  • Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar
  • Pelabuhan Gilimanuk Bali
  • Terminal Purabaya Surabaya

Pada Posko mudik tersebut akan disediakan berbagai pelayanan kesehatan dan obat-obatan. Tak hanya itu saja, ada juga fasilitas untuk relaksasi sampai sosialisasi dari program jaminan kesehatan untuk para pemudik.

Sudah musim mudik gini tapi ga tau apa sih arti kata MUDIK? Baca Ini dia Fakta Unik Kenapa Pulang Kampung disebut MUDIK