Ini Persyaratan dan Jadwal Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia “BUDI” 2016

0
3845
budi

Ini Persyaratan dan Jadwal Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia “BUDI” 2016. Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek DIKTI) resmi meluncurkan program BUDI di Hari Pendidikan Nasional (2 Mei 2016).

Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia yang disingkat sebagai BUDI, yaitu program beasiswa baru dari Pemerintah Indonesia untuk melanjutkan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana, baik dalam negeri maupun luar negeri, yang selama ini dikelola Ditjen Sumberdaya Iptek dan Dikti.

“Dengan mengkolaborasikan pengalaman panjang pengelolaan beasiswa yang telah dikuasai oleh Ditjen Sumber Daya Iptek Dikti dengan keunggulan cash managementyang dimiliki oleh LPDP, sinergi ini akan menguntungkan para penerima beasiswa karena diharapkan proses penerimaan uang beasiswa akan berjalan lebih lancar,” ujar M. Nasir (Menristekdikti) dalam sambutannya pada peluncuran BUDI di Puspiptek Serpong (02/05) dikutip dari situs resmi Dikti.go.id.

Ada 3 program BUDI, yakni :

  1. Beasiswa Magister Dalam Negeri

    Beasiswa ini tersedia bagi dosen yang memiliki motivasi tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister di perguruan tinggi dalam negeri.

    Jadwal Kegiatan BUDI-DN
    Periode pendaftaran 3 Mei – 31 Juli 2016
    Periode melengkapi pendaftaran 3 Mei – 31 Juli 2016
    Penetapan Status oleh Pascasarjana 25 Juli – 5 Agustus 2016
  2. Beasiswa Doktor Dalam Negeri

    Beasiswa ini tersedia bagi dosen yang memiliki motivasi tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Doktor di perguruan tinggi dalam negeri.

    Jadwal Kegiatan BUDI-DN
    Periode pendaftaran 3 Mei – 31 Juli 2016
    Periode melengkapi pendaftaran 3 Mei – 31 Juli 2016
    Penetapan Status oleh Pascasarjana 25 Juli – 5 Agustus 2016
  3. Beasiswa Doktor Luar Negeri

    Beasiswa ini tersedia bagi dosen yang memiliki motivasi tinggi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Doktor di perguruan tinggi luar negeri.

    Periode Pendaftaran BUDI-LN
    Periode Pendaftaran 2 Mei – 4 Juni 2016
    Seleksi Administrasi 6 – 10 Juni 2016
    Seleksi Wawancara 20 – 30 Juni 2016
    Pengumuman Hasil Wawancara 19 Juli 2016
    Lokakarya Pra-Keberangkatan 15 Juli – 3 Agustus 2016
    Persiapan Keberangkatan Juli – September 2016
    Keberangkatan Mulai September 2016

Pendaftaran Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia – Dalam Negeri (BUDI-DN) dan Luar Negeri (BUDI-LN) tahun 2016 dibuka bagi Dosen Tetap (PTN dan PTS) dilingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). Berikut beberapa persyaratan bagi Pelamar BUDI

  1. Dosen pada perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun swasta di lingkungan Kementerian Ristek dan Dikti yang telah mempunyai NIDN atau NIDK
  2. Memenuhi persyaratan Tugas Belajar yang ditetapkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 48 Tahun 2009
  3. Beasiswa tidak diberikan kepada pelamar untuk mendapatkan gelar kedua pada strata yang sama
  4. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang memulai perkuliahan pada semester gasal (perkuliahan dimulai pada bulan September)
  5. Batas usia penerima beasiswa dalam negei untuk Dosen adalah 45 tahun untuk S2 dan 50 tahun untuk S3 terhitung per tanggal 1 Desember tahun berjalan

Untuk mendaftar dilakukan secara online melalui alamat http://budi.ristekdikti.go.id/web/