Pendaftaran Beasiswa Research Student Monbukagakusho 2017 Telah Dibuka

0
1998
beasiswa jepang

Pendaftaran Beasiswa Research Student Monbukagakusho 2017 Telah Dibuka.  Pendaftaran Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho/MEXT) Program Research Student 2016 untuk keberangkatan 2017 telah dibuka.

Program ini diperuntukan bagi mereka yang berminat dalam program research student di perguruan tinggi di Jepang. Selain itu, program ini merupakan program matrikulasi program pasca sarjana. Dapat melanjutkan ke program S2 (master)/S3(doctor) bila lulus ujian masuk program pasca sarjana saat masih berada di Indonesia. Terbuka untuk semua bidang pendidikan.

Fasilitas yang diberikan berupa biaya pendaftaran dan biaya kuliah, serta biaya hidup (per-bulan) tiket pergi (pertama) dan pulang (setelah selesai masa beasiswa) serta pengurusan Visa belajar.

Masa belajar 2 tahun (termasuk 6 bulan belajar Bahasa Jepang), beasiswa dapat diperpanjang bila lulus ujian masuk program pasa sarjana dan berprestasi baik secara akademik.

Peminat pada waktu menjalani research student diperbolehkan melamar ke program degree (S-2 / S-3 / professional graduate course) atau meneruskan program S-3 setelah menyelesaikan program S-2 / professional graduate course, apabila lulus seleksi tes ujian yang diberikan oleh universitas yang bersangkutan.

Peminat juga dapat langsung masuk ke program degree tanpa mengikuti tahapan research student, apabila telah mendapatkan izin dari universitas yang bersangkutan.
Beasiswa diberikan tanpa ikatan dinas, mencakup 100% biaya kuliah, biaya tunjangan hidup (kurang lebih 143,000 yen per bulan), dan tiket pesawat pp.

Pendaftaran untuk keberangkatan tahun 2017 dibuka pada 12 April 2016 dan ditutup pada tanggal 9 Mei 2016.

TAHAP PENYELEKSIAN

  1. Kedutaan Besar Jepang melakukan seleksi dokumen, dan akan mengumumkan hasil seleksi pada tanggal 3 Juni 2016 melalui website kedutaan Jepang, dengan menampilkan “NOMOR UJIAN”. (Kurang lebih 100 pelamar dipilih melalui seleksi dokumen ini.)
  2. Ujian tertulis Bahasa Jepang dan Bahasa Inggris akan dilaksanakan di Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar atau Denpasar pada tanggal 13 Juni 2016. (Nilai ujian tulis bahasa yang lebih tinggi akan dipakai untuk pertimbangan dalam penyeleksian).
  3. Wawancara akan diadakan di Jakarta antara tanggal 18 Juli – 22 Juli 2016. Detail jadwal wawancara akan ditentukan kemudian. (Biaya transportasi dan akomodasi tidak disediakan Kedubes Jepang).
  4. Hasil seleksi wawancara akan diumumkan pada tanggal 25 Juli 2016. (Kurang lebih 35 pelamar dipilih melalui seleksi wawancara ini.)
  5. Bagi yang lolos seleksi wawancara di Kedubes Jepang akan diberikan surat keterangan sbb, untuk mencari dan meminta LOA dari perguruan tinggi di Jepang:
    (1) Berkas formulir beserta dokumen yang telah diberi stamp Kedutaan Jepang,
    (2) Surat pengantar untuk perguruan tinggi di Jepang, dan
    (3) Lembar“Letter of Acceptance (LOA)” yang akan diisi oleh perguruan tinggi di Jepang, yang bersedia menerima pelamar.

    • *Pelamar boleh memilih maksimal 3 perguruan tinggi untuk mendapatkan izin penerimaan sebagai mahasiswa program degree atau research student, atau “Letter of Acceptance” (izin penerimaan tidak resmi) sebagai research student.
  6. Harap mengirimkan surat izin atau Letter of Acceptance dari perguruan tinggi di Jepang dalam waktu 1 bulan ke Kedutaan Besar Jepang.
  7. Kedutaan Besar Jepang akan merekomendasikan peserta ke pihak MEXT (Pemberi Beasiswa).
  8. Peserta akan menjadi penerima beasiswa jika lolos seleksi di MEXT.
  9. Pengumuman final akan diumumkan pada bulan Januari 2017

Persyaratan :

  1. Lahir pada dan setelah tanggal 2 April 1982.
  2. IPK terakhir minimal 3.0 dari tingkat perguruan tinggi terakhir
  3. Nilai TOEFL-ITP, TOEFL-PBT minimal 550 (terbitan ETS), TOEFL-IBT minimal 79 (terbitan ETS) atau IELTS Minimal 6.0 (terbitan IDP/British Council/IALF), atau nilai Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level 2/N2. (TOEIC, TOEFL like & TOEFL prediction tidak dapat digunakan).
  4. Memilih bidang studi yang sama dengan disiplin ilmu sebelumnya.

  5. Bersedia belajar bahasa Jepang bagi yang tidak menguasai bahasa Jepang.

  6. Sehat jasmani dan rohani. (Pelamar tidak diperbolehkan dalam keadaan hamil pada saat pendaftaran dan selama proses seleksi berlangsung, hingga keberangkatan ke Jepang bagi yang lolos seleksi).

Selengkapnya bisa dilihat di website resminya di http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs.html

Dikutip dari akun facebook resminya, untuk program lulusan SMA/ Sederajat hingga saat ini (14/4) belum dibuka.

SHARE