5 Aplikasi Website Kemenkes yang Wajib Diketahui Tenaga Kefarmasian

0
2657
5 Aplikasi Website Kemenkes yang Wajib Diketahui Tenaga Kefarmasian

5 Aplikasi Website Kemenkes yang Wajib Diketahui Tenaga Kefarmasian. Baru-baru ini aplikasi Saluran Informasi, Aspirasi dan Pengaduan (SIAP) Kementrian Kesehatan RI memperoleh penghargaan “Best technology innovation by a small inhouse center Contact Center World Award Tahun 2016”.

@KemenkesRI : Kemenkes meraih Gold dalam kategori Small Innovation Technology dari aplikasi SIAP Halo Kemkes reg Asia Pasifik
‏@KemenkesRI : Dalam Contact Center World Awards dihadiri oleh Malaysia,Maldives,Singapura, Japan,Thailand,Australia &New Zealand

Beberapa contoh aplikasinya penting diketahui oleh tenaga kefarmasian baik untuk apoteker maupun tenaga teknis kefarmasian.

  1. SIPNAP

Situs yang beralamat di http://sipnap.kemkes.go.id/, adalah Aplikasi Sistem Pelaporan Narkotika dan Psikotropika (SIPNAP) dikembangkan dan dikelola oleh Direktorat Bina Produksi dan Distribusi Kefarmasian, Ditjen Binfar dan Alkes, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Aplikasi ini diperuntukkan bagi seluruh Unit Pelayanan (Apotek, Klinik & Rumah Sakit), Instalasi Farmasi Kabupaten/Kota, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Dinas Kesehatan Provinsi Seluruh Indonesia.

2. Aplikasi Pemetaan Instalasi Farmasi (APIF)

Beralamat di http://apif.binfar.depkes.go.id/, Aplikasi Pemetaan Instalasi Farmasi (APIF) ini merupakan upaya Ditjen Binfar dan Alkes memberikan gambaran kepada public terkait dengan keadaan Instalasi farmasi daerah baik itu Propinsi maupun Kabupaten/kota.

Dalam memperoleh kelengkapan data instalasi farmasi ini melibatkan seluruh propinsi dan Kab/Kota untuk permintaan dukungan data sehingga didapatkan data yang akurat dan valid walaupun di situs ini masih banyak terdapat data-data yang masih belum terisi dan hingga saat ini masih berupaya terus untuk dapat meng-update data- data yang masih kosong.

3. Aplikasi e-Pharm

Aplikasi e-Pharm yang beralamat di http://e-pharm.depkes.go.id/, dibangun untuk memfasilitasi layanan publik dalam proses perizinan Impor dan Ekspor serta Pelaporan Produksi dan Penyaluran Narkotika, Psikotropika dan Prekursor Farmasi.

Pelayanan perizinan impor dan ekspor narkotika, psikotropika, dan prekursor farmasi, meliputi Izin Importir Produsen Psikotropika/Prekursor Farmasi, Importir Terdaftar Psikotropika/Prekursor Farmasi, Eksportir Produsen Psikotropika/Prekursor Farmasi, Eksportir Terdaftar Psikotropika/Prekursor Farmasi, Surat Persetujuan Impor dan Surat Persetujuan Ekspor Narkotika, Psikotropika dan Prekursor Farmasi.

4. Aplikasi SIKDA Generik

Aplikasi SIKDA Generik adalah aplikasi sistem informasi kesehatan daerah yang berlaku secara nasional yang menghubungkan secara online dan terintegrasi seluruh puskesmas, dinas kesehatan dan Kementerian Kesehatan.

Aplikasi SIKDA Generik dikembangkan dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan serta meningkatkan ketersediaan dan kualitas data dan informasi manajemen kesehatan melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Situs ini beralamat di http://e-pharm.depkes.go.id/ dan bisa mendownload aplikasinya.

5. Kamus Data Kesehatan

Kamus Data Kesehatan Indonesia (http://idn-hdd.kemkes.go.id/) merupakan daftar keterangan tentang data standar dalam terminologi klinis/kesehatan pada seluruh Sistem Informasi Kesehatan di Indonesia dalam rangka menciptakan kesamaan arti serta meningkatkan validitas dan reliabilitas data kesehatan untuk meningkatkan komunikasi pertukaran, pengumpulan, dan penggunaan data yang terintegrasi antara Kementrian Kesehatan dengan instansi lain atau pemangku kepentingan lainnya.