Miris! Polisi Kembali Sita Satu Truk Fuso Obat Daftar G Ilegal Siap Edar

0
1085
obat tablet

Miris! Polisi Kembali Sita Satu Truk Fuso Obat Daftar G Siap Edar. Sebuah truk diamankan di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin yang mengangkut ratusan boks karton obat ilegal dari jenis Carnophen (Zenith) dan jenis Dextro. Truk fuso ini dibawa dari Semarang Jawa Tengah.

“Betul namun masih proses pengangkutan. Dibawa ke Polresta Banjarmasin,” ucap Kapolsek KPL Polresta Banjarmasin Kompol Fihim, Selasa (5/4/2016) dikutip dari tribun banjarmasin.

Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan Laut (Polsek KPL) memang terus intens melakukan cek and ricek keluar masuk barang di pelabuhan seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, polsek KPL juga berhasil gagalkan penyelundupan puluhan pasang burung yang akan masuk Kalsel.

banjarmasinpost.co.id/nia kurniawan

Dari pantauan, truk fuso bermuatan penuh obat zenith itu sudah terparkir di halaman parkir Polresta Banjarmasin. Tampak sejumlah buruh angkut tengah menurunkan satu demi satu dus.

Khususnya untuk obat zenith atau Carnophen mengandung carisiprodol yang memiliki Efek samping obat yang mempengaruhi beberapa bagian tubuh, antara lain sistem saraf pusat, saluran cerna, dan kardiovaskuler, meliputi : tremor, nervous, pusing, mengantuk, kegelisahan, depresi, mual, muntah, dan jantung berdebar (takikardi).

Mekanisme aksi obat ini tidak begitu jelas, tetapi nampaknya mempengaruhi aktivitas saraf di medula spinalis. Metabolitnya yaitu meprobamat memilki efek penenang dan penghilang kecemasan.

Bagi para oknum, masihkah memikirkan keuntungan semata dengan meracuni generasi bangsa dengan menyebarkan dan menjual obat berbahaya ini?

SHARE