Tips dan Cara Terbaru Mendapatkan Kode Billing Untuk Perpanjangan STRA

0
9461
KFN

Tips dan Cara Terbaru Mendapatkan Kode Billing Untuk Perpanjangan STRA. Bagi para apoteker yang ingin memperpanjang Surat Tanda Registrasi Apoteker (STRA) nya, ada perubahan cara untuk memperpanjang STRA secara online.

Berikut adalah langkah lengkap yang diinformasikan melalui e-mail petugas sekretariat Komite Farmasi Nasional (KFN).

BERIKUT TATA CARA UNTUK MENDAPATKAN KODE BILLING. MOHON DIBACA DENGAN CERMAT.

Tahap 1 Tata Cara Email

Untuk Email di hari sabtu, minggu, Libur Nasional dan diluar Jam Operasional tidak kami layani, kami akan melayani email yang masuk di hari senin sampai jumat ( Hari Kerja) dari pukul 08.00 – 15.00 (Jam Operasional). Mohon email keesokan harinya jika sudah melewati batas waktu yang ditentukan agar tidak terjadi penumpukan email yang mengakibatkan email tidak dapat dibalas oleh petugas.

Tahap 2

Registrasi Online

Buka Stra.depkes.go.id – klik register di pojok kanan atas. (isi data yang diminta). – Jika berhasil registrasi, silahkan cek inbox/ spam (verifikasi akun dari KFN) lalu klik setelah itu klik link yang diberikan. – Jika sudah aktivasi akun, silahkan masuk kembali ke stra.depkes.go.id, pilih Log In (sebelah register)

Tahap 3

Mengisi data online

Cara pengisiannya agar data dapat tersimpan. – Buka stra.depkes.go.id – Silahkan Log In, – Jika log in berhasil klik nama ybs di pojok kanan atas. – Isi data tersebut. (Domisili, Alamat Korespondensi, Data Persyaratan, data Diri) – Untuk data pembayaran diisi jika sudah menerima kode billing dan membayar berdasarkan kode billing yang tercantum.

Tahap 4

Konfirmasi by Email

Nama : Lulusan/ Tahun : No STRA: Masa belaku STRA: No Pendaftaran Online : (Akan terlihat jika sudah melakukan pengisian data online)

Tahap 5

Verifikasi petugas

Setelah itu kode billing akan di berikan jika semua persyaratan telah terpenuhi, Jika belum akan ada pemberitahuan dari petugas. c/ kode billing belum bisa diberikan. Perpanjangan dilakukan 6 bulan sebelum masa berlaku habis.

CATATAN : Kode Biling berlaku hanya 3 Hari termasuk hari sabtu dan minggu. Maka setiap hari jumat tidak ada pengiriman kode billing karena Waktu Operasional Bank/ Kantor Pos yaitu Pukul 08.00-15.00. Diberikan batas waktu pengiriman dikarenakan pemohon kode billing kemungkinan tidak selalu melihat email. Keterangan ini hanya berlaku dihari jumat atau di penghujung tanggal merah (hari besar serta sabtu dan minggu).

Sekilas informasi diberikan cukup jelas, namun pada prakteknya akan menemukan beberapa kendala, oleh karenanya seorang Apoteker Rizki Diah Mardini yang sering membantu rekan sejawatnya untuk memperoleh STRA memberikan tahapan praktisnya.

Di cara yang lama, kode billing harus diproses terlebih dahulu sebelum registrasi. Langkah terbaru adalah harus registrasi online terlebih dahulu dan kemudian baru meminta kode billing melalui e-mail.

Berikut adalah tips dan trik untuk memperoleh kode billing sekaligus memperpanjang STRA-nya menurut pengalaman Rizky.

1. Buka web stra online, kemudian register dan nanti mendapat email bahwa registrasi berhasil. Baru kita bisa login dengan memasukan pasword dan username ketika registrasi.

2. Login dan liat dibawah home, ada nomor pendaftaran online, Catat nomer ini buat meminta kode billing via email. (email untuk meminta kode billing dengan menggunakan gmail, judul permohonan kode billing, Isi nama,lulusan,stra berlaku sampai dengan kapan,no stra,no pendaftaran online)

3. Setelah mengirim e-mail, masuk kembali ke akun yang telah dibuat di situs KFN, klik nama di dashboard di kanan atas (sebelah tulisan log out).

4. Setelah di klik nama, akan keluar kolom-kolom yang harus diisi (klik edit biar bisa isi).

5.isi semua kolom, data peribadi, data STRA, data korespondensi, data instansi. Data bank belum bisa diisi krn belum dpt email balasan dan blm bayar ke bank.

7. Tidak usah klik form perpanjangan stra bila belum bayar ke bank, karena tidak akan finish atau selesai.

8. Nunggu email kode billing, stelah medapatkannya, cetak pdf dari emailna trus bawa ke bank, bayar 250rb. Bukti bayar simpen buat dilampirin.

9. Setelah bayar masuk web lagi dan bisa isi kolom data bank (poin 4) dan baru bisa isi semua form perpanjangannya sampai tamat atau finish. Setelah finish nanti ada status di home yang dulu kode pendaftaran online sekarang berubah menjad sandi asalna 0 jadi A1…

10. Print kop surat, Lampirkan ke berkas yg dikirim, dan print surat taat per-UU dan permohonan pengajuan stra ada di kanan atas dibawah nama kita.

Rizki berpesan agar usahakan dikerjakan dihari senin-kamis, jika hari jumat terkadang tidak akan mendapatkan balasan dari KFN-nya.

“Kalo pengen cepet, Anter berkas langsung ke KFN., 10-15 hari kerja udah jadi.. Ambil lagi di loket” kata Rizki ketika dihubungi bidhuan.com.

“Menurut petugas KFN yang saya temui, pencantuman kode nomor pendaftaran online adalah penting, karena kebanyakan setelah dikasih kode biling gak mengisi online dan KFN yang harus isi itulah sebabnya ga dibales, saya dibales sehari untuk kode biling” ujar Apoteker Penanggung Jawab di salah satu apotek di Jakarta.

“Kalo udah lebih dari 2 bulan gak balik, Pasti ada sesuatu, berkas yang kurang atau persyaratan lain, Banyak yang surat sehatnya gak pake no izin dokter. Itu salah satu kenapa berkas gak diproses” lanjutnya

“Kalo via pos, lama karena numpuk digedung sebelah. Bisa sampe 2 minggu, Baru diproses Trus nunggu jadwal kirim balik lagi bisa lama lagi. Yah kurang lebih 2 bulan baru sampe lagi kekita” tutupnya seraya mendoakan agar rekan-rekan sejawat bisa memproses dan mendapatkan STRA barunya dengan lancar.

SHARE