RAKERNAS & PIT HISFARSI 2016 Mendorong Apoteker Lebih Berkontribusi Positif dalam Pelayanan Kesehatan

0
1347
rakernas hisfarsi

RAKERNAS & PIT HISFARSI 2016 Mendorong Apoteker Lebih Berkontribusi Positif dalam pelayanan kesehatan. Pengurus Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit Indonesia (HISFARSI) Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia (PD IAI) Aceh akan menyelenggarakan Pertemuan Ilmiah Tahunan dan Rapat Kerja Nasional tahun 2016 dengan tema “Enhancing Pharmacist’s Competency For Quality And Safety” pada 19 s/d 22 Mei 2016 di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Aceh.

Melalui website resminya, hingga saat ini telah terdaftar 307 peserta dari total 700 peserta yang ditargetkan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, RAKERNAS kali ini selain menyediakan pelatihan atau workshop juga menyediakan paket wisata di daerah Aceh, yakni Sabang dan Tsunami Trip.

Acara ini dikemas selama 3 hari dimana telah bekerjasama dengan IAI dengan memberikan total 23 Satuan Kredit Partisipasi (SKP). Hari pertama akan diisi oleh simposium, hari kedua pelatihan dan RAKERNAS.

Seperti terlulis di situs registrasi hisfarsiaceh.org, pergeseran peran dunia kefarmasian dewasa ini mulai berdampak sangat signifikan terhadap pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Pelayanan kesehatan dewasa ini semakin berkembang baik antara pasien, apoteker dan dokter serta tenaga kesehatan lainnya. Penanganan pasien oleh tim multidisiplin mencegah kejadian medication error, drug related problem, dan mendorong penggunaan obat yang cost effective bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien yang lebih baik.

Peran apoteker dalam mewujudkan keselamatan pasien meliputi dua aspek yaitu aspek manajemen dan aspek klinik. Kegiatan farmasi klinik sangat diperlukan terutama pasien yang menerima pengobatan dengan risiko tinggi. Keterlibatan apoteker dalam tim pelayanan kesehatan perlu didukung mengingat keberadaannya melalui kegiatan farmasi klinik terbukti memiliki kontribusi besar dalam menurunkan insiden/kesalahan.

Apoteker yang berkualitas tentunya memerlukan kompetensi tinggi sehingga dapat memberikan kontribusi positif dalam pelayanan kesehatan. Kompetensi harus dipelihara dan dikembangkan melalui program pendidikan profesional berkelanjutan (continuing professional development) seiring perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan dan farmasi yang berkembang dengan pesat. Dengan demikian Apoteker di Indonesia dapat berkompetisi dan menjadi tuan rumah di negara sendiri.

PIT HISFARSI tahun 2016 akan diikuti oleh apoteker dari berbagai institusi, bidang minat dan keahlian meliputi Rumah sakit, Apotek (Komunitas), Klinik, Puskesmas, Perguruan Tinggi Farmasi, Pemerintah dan lain-lain.  RAKERNAS HISFARSI ke-17 tahun 2016 akan diikuti oleh seluruh Pengurus Pusat HISFARSI dan Pengurus Daerah HISFARSI dari seluruh Indonesia.

Adapun 2 tujuan dari kegiatan ini adalah

  1. Meningkatkan pengetahuan dan kompetensi profesi apoteker sebagai tenaga kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
  2. Menjalin kolaborasi dengan  healthcare professionals yang lain dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien agar dapat membantu pasien mendapatkan hasil terapi terbaik dari pengobatannya

Pendaftaran masih dibuka jika berminat bisa melakukan registrasi online di situs hisfarsiaceh.org, berikut adalah leaflet dan informasi lainnya.

 

SHARE