Melalui Panti Binaan, ISMAFARSI Kenalkan Dunia Kefarmasian

0
546
bersama bisa

Melalui Panti Binaan, ISMAFARSI Kenalkan Dunia Kefarmasian. Puluhan mahasiswa Farmasi dari seluruh universitas yang berasal dari kota padang dan sekitarnya mengadakan kegiatan Panti Binaan di Panti Asuhan Al-Ihsan Lapai Kota Padang (2-6 Maret 2016). Kegiatan ini merupakan suatu agenda acara lanjutan dari Latihan Kepemimpinan IIIkatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia (ISMAFARSI) Wilayah Sumatera 2.

Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan sejak dini dunia kefarmasian kepada anak-anak panti asuhan disana. Kefarmasian di Indonesia adalah salah satu bidang tenaga kesehatan yang berperan penting di berbagai fasilitas kesehatan sehingga menjadi sangat penting memperkenalkan profesi ini kepada anak-anak panti disana sehingga mereka dapat mengetahui atau bahkan bercita-cita untuk menjadi seorang farmasis/apoteker.

Hari pertama kegiatan follow up dari delegasi LKMMF2 ISMAFARSI Wilayah Sumatera 2 distrik padang. Kegiatan follow up ini merupakan bagian dari tugas delegasi LKMMF II ISMAFARSI Wilayah Sumatera 2 yang khususnya berasal dari Sumatera Barat. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan dunia kefarmasian sejak dini.

Target dari kegiatan ini adalah anak panti asuhan AL-IHSAN lapai kota padang. Kegiatan dilaksanakan pukul 16.15 sampai pukul 17.30 untuk hari pertama materi yang disampaikan adalah Pengenalan Farmasi dan Profesi Apoteker

Hari ke 2 ini yang mengisi materi adalah kolaborasi atara 2 mahasiswa yang berbeda kampus yaitu Mellan dari Kampus STIFI YP dan Frizka dari STIFARM Padang. Kegiatan di buka pada pukul 16.15 dan dilanjutakan absensi hingga pukul 16.25.Materi yang disampaikan adalah tugas seorang farmasi dan pengenalan obat-obat pada P3K.

Hari ke ketiga,jumat 4 maret 2016,kegiatan panti binaan dimulai pada pukul 17.00 WIB,diisi dengan materi tentang peranan apoteker dan disertai dengan konseling.

Tawa dan senyum suka cita menghiasi wajah anak-anak panti asuhan yang ingin bertanya apa itu Farmasis/Apoteker kepada kakak-kakak mahasiswa disana. “kak, apakah apoteker mempelajari tulisan dokter?”  ujar putri, 12 tahun, salah satu anak panti disana. Pertanyaan adik-adik dijawab dan dijelaskan secara detail apa  oleh kakak-kakak apa itu farmasis/apoteker dengan ceria. Selain itu, adik-adik juga diberikan tontonan video animasi kerja profesi apoteker yang sangat menarik dan memikat hati adik-adik disana.

Bertambah seru dimana adik-adik juga diajarkan langsung merasakan menjadi apoteker. Adik-adik diajarkan berinteraksi langsung dengan pasien atau disebut konseling kepada pasien.  Salah satu dari mereka diperankan menjadi apoteker yang mana salah satunya lagi menjadi pasien dimana saat itu pasiennya datang ke sebuah apotek dengan keadaan demam panas

Apoteker :  selamat siang embak perkenalkan saya putri apoteker penanggung jawab apotek ihsan, ada yang bisa saya bantu?
Pasien : begini bu saya tidak enak badan dan pusing, apa obat yang bisa saya beli untuk menurunkan demam saya? Tanya si pasien dengan kondisi yang sangat lemah
Apoteker : apakah embak sudah minum obat sebelumnya?
Pasien : belum bu.
Apoteker : ini ada paracetamol obat penurun panas embak minum 3 x 1 hari sesudah makan  apabila 2 hari ini tidak ada perubahan segeralah embak ke dokter tapi jika dangan obat ini besok embak merasa sudah membaik embak bisa menghentikan minum obatnya.
Pasien :  ini saja bu obanya?
Apoteker : ia hanya ini, banyak-banyak istirahat ya embak.
Pasien : ia bu apoteker tetimakasih
Seperti itulah kegiatan konseling yang terjadi lalu adik -adik juga diajarkan mengenal obat secara umum dan terakhir pengobatan apoteker cilik untuk adik-adik yang sangat aktif pada kegiatan ini.

“Kegiatan ini sangat mendidik dan patut untuk diteruskan” ujar Staf Pengajar Panti Asuhan.

Kegiatan ini direspon baik oleh pihak panti asuhan dan anak-anak panti asuhan disana terbukti dengan lancarnya dan antusiasnya anak-anak pada kegiatan disana.

“Saya bangga menjadi mahasiswa yang ikut terjun dalam kegiatan ini, ini akan menjadi pengalaman yang berharga buat saya.” ujar Ica Febrianti, Mahasiswi STIFARM Padang

Di puncak acara,minggu 6 maret 2016,Kegiatan ini ditutup oleh kakak-kakak dengan bermain games dengan adik-adik untuk menambah kedekatan dan keakraban pada acara panti binaan ini.game terdiri dari rangking 1,patient conselling.pemenangini sendiri untuk memberikan motivasi kepada anak-anak panti bahwa acara ini tidak hanya materi tapi juga untuk menghibur kepada anak-anak panti tersebut.