Cara Gunakan Situs Pengelolaan Data Organisasi Profesi Apoteker Online

0
3342
apoteker online

Cara Gunakan Situs Pengelolaan Data Organisasi Profesi Apoteker Online. Mulai 1 Maret 2016, seluruh Apoteker di dalam maupun luar negeri sudah dapat registrasi di situs Apoteker Online, sebuah situs yang disediakan Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) untuk mempermudah anggotanya mengelola data organisasi dan profesinya.

Situs yang beralamat di www.apoteker.or.id ini diciptakan agar data organisasi dan profesi setiap anggota terverifikasi dengan tepat dan benar sesuai dengan standar tata kelola administrasi yang ditetapkan oleh organisasi. [Baca : PD IAI Jabar Sosialisasikan Website Layanan Apoteker Online]

Cara daftar situs Apoteker Online

Untuk mendaftar di situs ini, para Apoteker harus telah memiliki STRA dan sertifikat kompetensi Apoteker. Setelah masuk ke situs www.apoteker.or.id, dan klik daftar sekarang maka diharuskan untuk mengisi nomor STRA dan sertifikat kompetensi. Kedepan besar kemungkinan akan otomatis tersambung dengan database STRA di KFN.

Setelah itu memasukan e-mail sebagai username dan buat password. Kemudian isi data personal seperti tanggal lahir dan tempat tinggal sesuai KTP. Serta kolom-kolom lainnya dan jangan lupa check list menyetujui ketentuan penggunaan websitenya.

Maka setelah klik daftar akan otomatis aktif akun yang dibuatnya. Ini adalah salah satu kelemahan yang harus diperbaiki, seharusnya aktivasi harus melalui link yang dikirimkan ke inbox e-mail yang didaftarkannya

Cara Log In

Setelah berhasil akunya diaktivasi, maka Apoteker bisa log in dengan username e-mail dan pasword yang dibuat tadi. Kemudian akan muncul perintah untuk upload foto. Sayangnya masih ada kesalahan konfigurasi server penyimpanan gambarnya, tentunya perlu diperbaiki sebelum launching resmi nanti. Namun, saat ini bisa diakali dengan menambah alamat /pendidikan.

Silahkan isi semua data yang dibutuhkan sampai data 100% terisi dan akan masuk ke dashboard utama.

Fitur Apoteker Online

Akhirnya di tahap ketiga ini Apoteker bisa melihat dashboard yang dibagi menjadi 2 bagian Data Personal dan Layanan IAI.

apoteker online

Di bagian Data Personal, Apoteker bisa melihat data pribadi, capaian SKP, jumlah deposit yang dimiliki (Sayangnya deposit disini masih dalam mata uang dollar), data organisasi keanggotaan, dan layananku (status permohonan). Khusus untuk mekanisme isi ulang memiliki nilai 50 ribu, 100 ribu, 500 ribu, dan satu juta dengan mengirim lewat rekening IAI.

Sedangkan dibagian layanan bisa melakukan permohonan registrasi dan heregistrasi keanggotaan, mutasi (antar cabang dan daerah), bebas praktik profesi, rekomendasi kefarmasian, dan resertifikasi (pembaruan sertifikat kompetensi).

Tulisan cetak tebal dan miring menandakan aplikasi ini masih belum sempurna. Hal ini wajar karena masih dalam tahap uji coba. Untuk lebih jelasnya bidhuaners bisa mencobanya sendiri.

Tentunya ketika seluruh apoteker telah teregistrasi, situs ini bisa dikembangkan lebih lanjut dengan menambahkan beberapa fitur, seperti forum, berita, bahkan layaknya media sosial.

SHARE