Keren! Perkenalkan Profesi Apoteker dengan Karakter Kartun Bang Parma

0
2251
bang parma
http://www.project-em.com/

Keren! Perkenalkan Profesi Apoteker dengan Karakter Kartun Bang Parma. Sulitnya kuliah di Farmasi ternyata tidak membuat seorang mahasiswa kehilangan daya imajinasinya. Selain itu, Farmasi ternyata bukan hanya ahli obat, tetapi juga memiliki jiwa seni yang tinggi.

Hal ini diperlihatkan oleh Marissa Ika Puspitasari seorang Apoteker yang baru saja lulus dari almamaternya, Universitas Indonesia bulan Februari ini. Melalui keahliannya dalam menggambar, berhasil memunculkan karakter kartun seorang Pharmacist atau Apoteker dengan tokoh Bang Parma.

Dikesehariannya yang padat sewaktu di bangku kuliah berhasil merintis suatu proyek yang diberi nama Project M. Dikutip dari websitenya, Project M sendiri awalnya bertujuan untuk membranding ulang serta memperkenalkan profesi apoteker di media populer.

“Mungkin Project M cuma hal kecil yang bisa saya lakukan sebagai apoteker yang baru saja lulus dan terkait hobi saya menggambar, melihat perilaku sosial masyarakat sekarang yang lebih aktif di media sosial dan media populer lainnya, saya melihat sebagai anak muda saya bisa mewakili profesi saya, sehingga orang lebih banyak tau soal profesi saya.” Ujar Marissa ketika dihubungi bidhuan (16/2).

“Kedepannya, project M ada rencana untuk aksi nyata pengenalan profesi kepada anak-anak.” lanjutnya.

Ketika ditanyakan mengapa memilih nama Bang Parma sebagai karakter kartun seorang Apoteker, Marissa memiliki alasan khusus yang tidak berbau ras dan mewakili kaum minoritas para Apoteker saat ini.

“Bang Parma, karena panggilan Bang tidak mencirikan ras atau suku tertentu” kata Marissa kepada bidhuan.com.

“Laki laki karena, mau berlawanan dengan jumlah mayoritas apoteker yang perempuan. Parma dgn P, untuk mengindikasikan panggilan dari Farmasis. P karena biar dia diterima sebagai nama” ujarnya.

Selain memunculkan tokoh Bang Parma, ternyata muncul pula Doodle Diary sebagai wadah mahasiswa farmasi berkumpul, dan Fakta Farmasi terkait hal hal kaitannya dengan konsumsi obat untuk edukasi.

doodle diary
http://www.project-em.com/

Baru berjalan beberapa bulan, hasil karyanya telah digunakan oleh Dreamdelion Community Empowerment (DCE), Salman Edukasi, dan Marron Fruta. Tidak menutup kemungkinan untuk menerima tawaran lainnya.

farmasi
http://www.project-em.com/

Saat ini Apoteker ternyata bukan hanya eksis di dunia nyata dengan tampil di depan untuk berkomunikasi dengan pasien, tetapi juga hadir dunia maya dengan karakter kartun Bang Parma, dan Doodle Diary ini.